Friday, October 13, 2006
PERBAIKAN AKIBAT GEMPA BERDASARKAN KONDISI KERUSAKAN

Plesteran terkulupas

Bersihkan sisa plesteran yang masih melekat di permukaan dinding...........

Periksa kondisi bata. Lihatlah apakah ada keretakan atau tidak pada pasangan batanya. Jika tidak ada, permukaan dinding bias langsung diplester kembali dengan perbandingan semen dan pasir adalah 1 : 5 dan 1 : 6

Untuk memperkuat plesteran, ada baiknya sebelum diplester permukaan dinding dipasangi lapisan kawat kasa nyamuk. Gunanya supaya adukan bias menempel dengan baik pada permukaan dinding.

Bila pasangan bata terdapat keretakan, lebar keretakan harus diukur, apakah lebih dari 0,6 cm atau kurng dari 0,6 cm.

Dinding Retak Lebih dari 0,6

Jika lebar keretakan lebih dari 0,6 cm mak dinding itu harus dirubuhkan, terutama bila keretakan sampai membuat pasangan bata berlubang. Pembuatan dindin baru harus memperhatikan detail strukturnya. Dinding harus diberi perkuatan seperti pemakaian kolom praktis dan angkur. Setiap enam lapis bata keatas harus diberi angkur yang dihuungan dengan kolom praktis.

Dinding Lepa pada Sudut Pertemuan

Bila kondisi kerusakannya seperti ini maka dinding harus dibongkar. Buatlah dinding barudan diberi perkuatan berupa angkur horizontal yang dikaitkan dengan kolom. Angkur yang terbuat dari tulangan baja diameter 8 mm denan panjang kurng lebih ΒΌ bentang dinding, dipasang setiap 10 lapis bata.

Dinding miring

Kemiringan dinding lebih dari 4 derajat maka dinding itu harus dirubuhkan dan diganti dengan dinding baru

Dinding Sopi-Sopi atau Kuda-kuda gunungan rubuh

Penyebab utama dinding ini rubuh karena tidak ada perkuatan berupa kolom di kedua sisi miringnya dan ditengah berupa kolom. Hbungan antar kolom ini harus diperhatikan. Kolom sis miring harus dihubungkan dengan balok didasar dinding sopi-soopi. Selain perkuatan berupa kolom, beri juga perkuatan berupa angkur yang menembus kedinding.

Dinding retak tidak lebih dari 0,6 cm

Jika lebar keretakan diding tidak lebih dari 0,6 cm, perbaikan nya tidak perlua dilakuakn dengan merubuhkan didning, perbaikan dilakukan dengan cara :

Bongkar plesteran disekitar retakan dan lubangi bata di sekitar.

Beri campuran adukan semen dan pasir pada lubang tersebut.

Bila perlu, pasng juga besi tulangan diameter 8 mm dan panjang 30 cm untuk setiapp 10 lapis bata. Tulangan unu dupasang tegak lurusterhadap garis retakan. Setelah tulangan dipasang, tutup kembali lubang yang dibuat dengan campuran adukan semen dn pasir.

0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 

BLOGGER

Calender

Get your own calendar

Previous Post
Arsip la yaw......
Kesen dan Pesen
nama :
web site:
Pesan dan kesan.. :
:) :( :D :p :(( :)) :x
Rekanan
Powered by