Wednesday, October 11, 2006
Pengawetan bambu

Setelah ditebang, bamboo perlu diberi perlakuan khusus untuk meningkatan keawetannya.cara yang dipakai Jatnika adalah dengan “merebus” batng-batangbamboo didalam bak rendam yang berisi air dn kapur gamping. Setelah tiga hari, dari ujung bambu akan keluarcairan kuning. Ini bertanda ahwa proses perebusan sudah cukup. bambu lalu ditiriskan untuk selanjutnya dicuci dan diamplas.

Sementara itu Dipl.Ing. Christoph Tonges dari Universitas Aachen, Jerman yang juga mendalami subject bamboo, menyebutkan beberapa metode untuk pengawetan bamboo.

1.Peredaman dengan Air

Bamboo direndam selama 4-12 minggu didalam air yang diam atau bergerak. Cara ini akan melarutkan pati yang ada didalam batang bamboo. Namun cara ini jga beresiko merapuhkan bamboo.

2.Perebusan

Bambu direbus dalam air selama 15-60 menit untuk mngeluarkan pati dari batang bambu

3.Pemanasan

Batang-batang bamboo dipanaskan (dioven) sebentar pada suhu 1500C ke atas. Perlakuan ini akan merubah struktur permukaan bamboo sehingga lebih tahan serangan serangga. Kekurangannya, batang bamboo bias pecah karena terlalu kering.

4.Borax

Cairan borax dialirkan kedlam batang bamboo. Diindonesia, bamboo didirikan kemudian cairan borax dimasukkan dari atas. Cairan akan merembes hingga mencapai dasar bamboo. Cara ini mirip dengan metode Bouchery yang dikembangkan di Costa Rica oleh Gonzales dan Janssen. Pada meode ini, Borak dinjeksikan kedalam bamboo dengan tekanan yang kuat.setelah mengalami perlakuan dengan borak ini, kadar air didalam bamboo akan meningkat sehingga perlu dikeringkan.

5.Pelapisan Permukaan

Tonges menyebutkan sebuah resep tradisional dari Lebanon.campurannya terdiri dari wax (wood care) dicampur dengantar yang dilarutkan dalam paraffin. Dengan ramuan ini permukaan bamboo akan berwarna coklat gelap.

Sebenarnya secara tradisional, bangsa Indonesia juga sudah mengenal metode ini. Bahan yang dulu sering dipakai adalah kapur gamping atau kapurdicampur kotoran sapi. Jatnika, yang sudah lebih modern pengolahannya, menggunakan cat clear coating. Menurutnya pelapisan dengan cat clear coating ini perlu dilakukan selama tiga tahun berturut-turut. Setelah itu frekuensi pengulangan bias lebih panjang karena pada permukaan bamboo sudah terbentuk lapisan pelindung yang cukup tebal.

6.Pengasapan

Daun dan batang bamboo dipotong kemudian dibakar untuk mengasap batang bamboo. Tingkat panas asap arus mencapai 50-60 oC. cara ini banyak dipraktekkan di Jepang. Kelemahan cara ini adalah bau kurang enak setelah selesai diasap.

0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 

BLOGGER

Calender

Get your own calendar

Previous Post
Arsip la yaw......
Kesen dan Pesen
nama :
web site:
Pesan dan kesan.. :
:) :( :D :p :(( :)) :x
Rekanan
Powered by